Ada Lovelace, Programmer Pertama di Dunia (Seorang Countess!)


Augusta Ada King, Countess of Lovelace (lahir di London, Inggris, 10 Desember 1815 – meninggal di Marylebone, London, 27 November 1852 pada umur 36 tahun), ia lahir dengan nama Augusta Ada Byron, dan adalah anak tunggal dari penyair Lord Byron dan Anne Isabelle Milbanke, yang berpisah dengan Byron 1 bulan setelah Augusta Ada lahir. Ia biasanya dipanggil dengan nama Ada Lovelace. 4 Bulan kemudian, Byron meninggalkan Inggris untuk selamanya. Ada tidak pernah bertemu dengan ayahnya lagi (yang meninggal di Mesir tahun 1823). Ada kemudian dibesarkan ibunya, Lady Byron. Hidupnya adalah perjuangan keras antara emosi dan alasan, subyektif dan obyektif, puitis dan matematis, sakit sembuh dan penuh energi.

Lady Byron berharap Ada tidak seperti ayahnya yang puitis, dan dia memberikan Ada pelajaran matematika dan musik, sebagai langkah disipilin untuk menghindari sifat puitis. Tetapi warisan kompleks kepada Ada menjadi nyata pada tahun 1828, dimana beliau menciptakan desain untuk mesin terbang. Itu adalah matematika dengan pemberian sayap pada hidupnya.

Lady Byron dan Ada pindah ke daerah elit di London, dimana laki-laki bukan anggota dari kepegawaian atau bekerja di bidang politik atau berhubungan dengan resimen dimana lebih mirip untuk menghabiskan waktu dan keberuntungan mereka dengan berkelut di bidang botani/tanaman, geologi atau astronomi. Pada awal abad 90an tidak ada ilmuwan profesional (bahkan, kata “ilmuwan” hanya disebutkan oleh William Whewell tahun 1836)– tapi partisipasi dari wanita penerima nobel di bidang intelektual tidak diterima secara luas dan bebas.

One of the gentlemanly scientists of the era was to become Ada’s lifelong friend. Charles Babbage, Lucasian professor of mathematics at Cambridge, was known as the inventor of the Difference Engine, an elaborate calculating machine that operated by the method of finite differences. Ada met Babbage in 1833, when she was just 17, and they began a voluminous correspondence on the topics of mathematics, logic, and ultimately all subjects.

Pada tahun 1835, Ada menikah dengan William King, senior 10 tahun lebih tua, dan ketika King memberikan nobel pada tahun 1838, mereka menjadi  Earl dan Countess of Lovelace. Ada mempunyai 3 anak. Keluarga dan keberutungannya sangat dipengaruhi oleh Lady Byron, yang selalu mendukung King.

Babbage telah membuat rencana pada tahun 1834 untuk model baru mesin kalkulasi (meskipun mesin Diferensial belum selesai), sebuah Mesin Analisis. Sponsor parlemennya menolak untuk mendukung mesin kedua dengan mesin pertama yang belum selesai, tapi Babbage menemukan simpati untuk proyek baru luar negeri nya. Pada tahun 1842, matematis Italia, Louis Menebrea, mempublikasikan memori di Prancis dengan subyek Mesin Analitis. Babbage medaftarkan Ada sebagai translator dari memori, dan selama 9 bulan periode 1842-43, dia bekerja keras di artikel dan membuat Notes apa yang akan dia lakukan. Inilah awal dari beliau untuk terkenal.

Ada memanggil dirinya sendiri “Analis (& Metafisis)”, dan kombinasi yang ditempatkan di Notes. Dia memahami rencana untuk membuat alat sebaik Babbage tetapi lebih baik dalam artikulasi adalah benar. Beliau melihat dengan benar seperti apa yang akan kita kenal sebagai komputer general-purpose. Sesuai untuk “pengembangan[sic] dan tabulasi fungsi apapun… mesinnya adalah ekspresi material dari fungsi tak terbatas dari derajat apapun dari kompleksitas dan generalitas.” Notes beliau turut membangun perkembangan di masa depan, termasuk computer-generated music (komputer generasi musik).

Ada meninggal karena kanker pada tahun 1852, pada umur 37 tahun, dan dimakamkan disebelah ayahnya yang dia tidak pernah tahu. Kontribusinya di ilmu pengetahuan  baru saja dibangkitkan, tapi banyak biografer membuktikan pesona Babbage,  “Enchantress of Numbers.” atau “Kekuatan Sihir dari Angka.”

Source : Wikipedia,San Diego Supercomputer Center

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s