Impor dan Ekspor Data dari Matlab Simulink ke Ms Excel (Part II)


Penting sekali bisa melakukan ekspor dan impor data dari dan ke Excel dengan tujuan perbandingan analisa dan hasil eksperimen. Setelah ada video pada posting di bawah, ini penjabarannya jika teman-teman lebih suka melihat screen shot dengan menggunakan Simulink dan Matlab command window.

EKSPOR DATA KE EXCEL

Langkah pertama, buatlah Simulink sederhana, Model dengan Sine Wave, Scope dan To Workspace blok seperti pada gambar di bawah ini :

Buka blok Workspace dan di field Variable Name, ketikkan “y” (tanpa tanda petik) atau variabel apa saja yang anda inginkan untuk menamai variabel output. Sekarang pilih Array dari menu pull down. Biarkan default.

Blok To Workspace akan mentransfer data dari Simulink ke worspace Matlab, dimana akan digunakan untuk manipulasi ekspor data ke Excel. Saat anda menjalankan simulasi untuk model diatas, Matlab akan membuat output array ke variabel y dan a waktu array. kemudian buatlah matrix yang terdiri dari 2 variabel diatas. Setelah pembuatan matrix, satu baris command akan membuat file Excel.

Setelah anda menjalankan simulasi, buka jendela MATLAB workspace. pada command prompt ketikkan kode dibawah ini:

>>A = [tout, y];

>>save filename.xls A –ascii

Sekarang anda sudah mempunyai file yang bernama filename.xls pada komputer anda. Bukalah excel dan pilih –>File–>Open–>ke direktori tempat penyimpanan file filename.xls go to your working directory and select filename.xls–> Open.

Pilih Fixed width –> Next>

Ikuti instruksi pada jendela untuk mengatur column break dan pilih Next>, Finish. Data akan menjadi 2 kolom pada Excel. Kolom pertama adalah vektor waktu dan kolom kedua adalah nilai dari variabel y.

IMPORTING DATA DARI EXCEL: METHOD ONE

Importing data ke MATLAB dari Excel dapat dilakukan dengan 2 cara. Metode pertama, pastikan file Excel yang akan anda impor berada pada direktori yang sama dengan direktori tempat file matlab disimpan. Lalu ketikkan perintah di command window :

>>M = xlsread('filename')

MATLAB® akan membaca data Excel dan menyimpannya ke dalam satu variabel sesuai dengan nama yang anda inginkan (pada code diatas ditulis M). Agar bisa berjalan dengan baik sebaiknya tidak ada data berupa text pada file Excel, hanya angka pada kolom, dan posisinya left dan top justified.

MATLAB akan mengimpor semua data sebagai blok dan membuat matrix yang disimpan pada variabel yang telah anda sebutkan. Jika anda menginginkan setiap kolom satu variabel, lakukan seperti di bawah ini:

IMPORTING DATA DARI EXCEL: METHOD TWO

Metode kedua dari imor data adalah menggunakan Import Wizard.Keuntungang dari menggunakan metode ini adalah setiap kolom bisa dipecah menjadi satu variabel, sehingga metode pertama tidak digunakan lagi^^. Format data dari Excel sangat penting. nama variabel harus berada pada baris pertama. Tidak ada baris tambahan atau kolom di kiri. Gambar di bawah ini menunjukkan format yang benar:

Disini, data pada kolom satu dan kolom dua diberi nama t dan y. Jika belum mempunyai file excel, masuklah ke command window Matlab dan pilih View, kemudian cek current directory lalu carilah nama file filename.xls. Import Wizard akan muncul seperti pada gambar di bawah ini:

Pada jendela ini, pilih ~ Create vectors from each column using column names.Pastikan setiap variabel sudah dicentang, lalu klik Finish. Setalah itu akan muncul pesan pada command window:

>>Import Wizard created variables in the current workspace.

Jika anda mengetik “whos,” anda akan melihat variabel yang anda masukkan di Excel sebagai baris di workspace Matlab seperti gambar dibawah ini:

pada poin ini, data dapat digunakan dari workspace atau diimpor kembali ke Simulink menggunakan blok

From Workspace.

Source :UMASS Lowel (DYNamic SYStem)

4 thoughts on “Impor dan Ekspor Data dari Matlab Simulink ke Ms Excel (Part II)

  1. Hai, saya elyza
    saya masih bingung dengan cara ekspor data ke excel. matrix yg harus dibuat seperti apakah ilustrasinya? satu baris command akan
    membuat file Excel diketikkan di bagian mana?
    terima kasih sebelumnya.

    • hi, terima kasih sudah datang, maaf lama membalas. yang dimaksud adalah script ini :

      >>A = [tout, y];

      >>save filename.xls A –ascii

      jadi A=[tout, y]; adalah matrixnya, sedangkan satu baris command “save filename.xls” memerintahkan matlab untuk membuat file berformat .xls

      • Terima kasih atas penjelasannya. Sudah saya coba dan alhamdulillah sudah bisa import ke excel. Kalau semisal data yang keluar di excel ingin saya bedakan kolomnya bagaimana caranya ya? karena data yg tereksport ke excel yang berupa matriks masih dalam kolom yang sama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s