Mengirim Attachment pada GMail ke Google Drive Secara Otomatis


Untitled-1

Jika anda mempunyai email masuk di Gmail inbos dan berisi attachment yang berisi satu atau lebih file, atau anda mempunyai email yang berisi attachment dari alamat yang sama dan berulang-ulang, misalnya langganan majalah atau apapun dan anda ingin mendownloadnya tanpa repot membuka email satu per satu. Atau anda ingin mendownload semua attachment di email, caranya bisa dengan mengkopinya ke Google Drive.

Dan karena Google Drive secara otomatis mensinkronisasi dengan gadget yang terhubung ke akun google, maka bisa diakses dimana saja melali device yang anda punya.

Script kecil ini akan membantu anda mendownload file attachment di google drive secara otomatis. Anda tidak perlu menginstall program apapun dan teknik ini bisa digunakan di mobile apps Gmail.

Berikut langkah-langkahnya yang bisa anda lakukan dalam waktu 2 menit:

  1. Klik disini untuk membuat kopi dari Google Sheet kedalam Google Drive anda. Copy of Send to Google Drive v3.0 2013-12-24 16-16-26
  2. Pada poin a seperti pada gambar diatas tentukan label yang anda inginkan, ini berfungsi di gmail. Untuk poin b adalah nama folder yang sudah anda buat di google drive.
  3. Buka sheet dan anda akan melihat menu Gmail to Google Drive . Pilih Initialize dan perbolehkan script ini untuk mengakses data yang diperlukan. Script ini open source yang berjalan di Google account milik anda sendiri dan tidak ada yang dapat melihat data anda kecuali anda sendiri atau anda yang memperbolehkan seseorang mengaksesnya.
  4. Klik menu Gmail to Google Drive sekali lagi dan pilih Run.Tutup google sheet dan tunggu selama beberapa menit maka secara otomatis script ini akan bekerja dengan sendirinya.

Bagaimana cara kerja Google Script bekerja?

Google sheet atau scriptnya akan memonitor inbox di Gmail anda setiap 5 menit dan akan mencari messages/email yang berlabel sesuai dengan label yang sudah anda tentukan ke google drive.

Ketika file attachment sudah terdownload di google drive, label tersebut akan hilang dari gmail anda, tetapi email tetap ada, hanya label saja yang hilang.

Troubleshooting

Jika anda mendapat error seperti “Service invoked too many times,” anda dapat menambah durasi trigger. Buka sheet tadi di google docs,  pilih Tools – > Script Editor dan pilih Resources – > Current Script Triggers. Ganti isi Minutes timer dari “Every 5 minutes”menjadi “Every 15 minutes”.

Jika anda ingin memberhentikan script running di background, buka Google sheet dan pilih  Uninstall dari menu Gmail.

Source : labnon.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s